Pj Bupati Tulang Bawang Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV

IMG-20230608-WA0028
Banner-Panjang

Bandar Lampung (LM) : Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi buka Secara resmi acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV

Penjabat Bupati Tulang bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM menghadiri perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV yang diselenggarakan di PKOR Way Halim pada tanggal 6-10 Juni 2023.

GTTGN XXIV 2023 ini dibuka secara resmi oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar serta didampingi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta Forkopimda plus Provinsi Lampung.

Dalam arahannya Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan ungkapan syukur karena bisa melaksanakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV di Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah kita bisa menepati di Provinsi Lampung yang luar biasa ini, pada saat Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara di Cirebon ternyata Lampung banyak sekali meraih juara. Dan kesuksesan itu diulang kembali hari ini. Ternyata Lampung banyak meraih juara untuk lomba di GTTGN 2023,” Jelasnya

“Selamat kepada Pak Gubernur Lampung dan seluruh Bupati /Walikota Lampung, dan juga seluruh daerah yang mendapatkan Juara Teknologi Tepat Guna,” ujar Menteri

“Semoga predikat juara tersebut menjadi motivasi dalam Upaya pengembangan Tekhnologi yang berguna bagi kemajuan Peradaban Dunia” Harapnya.

Dalam kesempatan ini Kabupaten Tulang Bawang turut berpartisipasi mengikuti Bazar Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV yang diselenggarakan di PKOR Way Halim pada tanggal 6-10 Juni 2023.

Ikon yang ditampilkan pada Stand Tulang Bawang adalah Brand Udang Manis (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif dan Sejahtera)
Barang-barang  teknologi tepat guna yang dipamerkan berupa Mesin Giling Padi ‘Lesung Millenium’ yang menjadi pemenang juara 3 Nasional GTTGN 2021 katagori TTG Unggulan dan juara 3 tingkat nasional pada GTTGN 2022 kategori Inovasi TTG Karya Inovator Tuba asal Rawapitu Nurhadi, inovasinya berupa penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi utama.

Lesung Milenium telah terjual kurang lebih 800 buah, dan pada pameran GTTGN tahun ini, pada hari pertama gelaran bazar  terjual langsung 1 buah ke kabupaten Boven Diguel Provinsi Papua, 1 mesin  kabupaten Samarinda, 1 ke barito kuala serta   pesanan 10 buah dari pemerintah Kabupaten Boven Digoel dan 2 buah ke Raman Utara..

Selain memamerkan Lesung Milenium juga menampilkan pompa axial yang terjual 2 buah di hari pertama pameran.

Selain alat TTG, Kabupaten Tulang Bawang menampilkan produk-produk kerajinan tangan berupa batik tulis, sulam maduaro, sulam rajut serta sulam usus.

Produk makanan hasil olahan UMKM diantaranya teh rosela, ikan asin, berbagai olahan udang, serta telur asin.

Penjabat Bupati Tulang bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM menyambut gembira kegiatan ini. Beliau berharap momentum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Kabupaten Tulang Bawang untuk dapat mengekslore Keunggulan dan Potensi yang ada Kabupaten Udang Manis ini.

“Kabupaten Tulang bawang yang berjuluk Kabupaten Udang Manis memiliki banyak sekali potensi. Digelarnya Event ini tentu harus dapat dioptimalkan oleh Seluruh elemen yang ada di Kabupaten Tulang Bawang sehingga banyak hal positif yang nantinya akan didapat serta dikembangkan di Kabupaten kita yang tercinta “jelas Qudrotul Ikhwan

“Dengan pengembangan inovasi dilandasi dengan Quality Control yang baik Tentu hasil Karya dari Kabupaten Tulang Bawang akan diminati oleh Pasar Indonesia dan pasar global sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang” Katanya

Dalam kegiatan kali ini penjabat Bupati Tulang bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulang Bawang ibu Herlinawati Qudrotul SH serta para pejabat tinggi pratama di lingkup Pemerintah kabupaten Tulang bawang.

TAG :

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI LAINNYA