TNI Bersama Unsur Pemerintah Tanggamus  Berpartisipasi Dalam Penanaman Mangrove Serentak Secara Nasional

IMG-20230516-WA0188
Banner-Panjang

Tanggamus (LM) : Dipusatkan di Pantai Komplek SUPM, Way Pekon Gelang, Kota Agung Barat. Kodim 0424 Tanggamus bersama instansi terkait ambil bagian dalam acara puncak penanaman Mangrove Nasional yang dilaksanakan secara serentak Jajaran TNI di seluruh Indonesia, Senin (15/5/2023)

Sebelum penanaman Mangrove TNI serentak se Indonesia tersebut, kegiatan diisi arahan Presiden RI Joko Widodo secara virtual yang diikuti Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, Mewakili Dandim 0424/Tanggamus, Kapten Inf Redi Kurniawan, Danpos TNI AL Kota Agung Letda Laut (P) A. Yani, Danpos Polairud Kota Agung Bripka Darwanto.

Selain itu, tampak Kepala Sekolah SUPMN Kota Agung, Khaerudin, BPDAS Way Seputih Way Sekampung, Momo Sumarno, Ketua Komari Tanggamus Firlinda, Personil Kodim 0424/Tanggamus, Personil Polres Tanggamus, Personil, Personil Pos TNI AL Kota Agung, Staf SUPM N Kota Agung dan Taruna Poltek Perikanan.

Kapten Inf. Redi Kurniawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dan ia mewakili Dandim 0424 Tanggamus  mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini, terutama kepada pihak SUPMN Kota Agung yang telah menyediakan tempat.

“Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan terlebih dahulu menerima pengarahan dan dilanjutkan dengan penanaman mangrove secara simbolis kemudian mengikuti kegiatan Vicon terpusat bersama Presiden RI yang dipusatkan di Provinsi Jambi,” kata Kapten Inf Redi Kurniawan..

Ia mengungkapkan, jumlah bibit mangrove yang ditanam adalah 2000 bibit dengan luas lahan tanam 3.5 Ha dan telah dilaksanakan dalam 4 tahap mulai Bulan Februari sampai dengan Mei 2023.

“Kegiatan penanaman mangrove hari ini merupakan puncak kegiatan penanaman mangrove secara serentak di seluruh Indonesia dimana kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan secara bertahap,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kapten Inf Redi Kurniawan bahwa, tujuan dari kegiatan penanaman Mangrove tersebut adalah untuk melestarikan ekosistem laut, menjaga wilayah pesisir pantai agar tidak terjadi abrasi.

“Kami berharap, setelah kegiatan penanaman mangrove ini agar tetap dilakukan pemantauan agar mangrove yang telah ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk kelestarian alam kita agar kelak anak cucu kita dapat merasakan manfaat baik dari apa yang kita lakukan hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SUPMN Kota Agung, Khaerudin mengaku pihaknya membantu penanaman pohon mangrove yang dilakukan secara nasional dan sama-sama merawatnya.

“Semoga bibit yang kita tanam dapat tumbuh subur dan baik,” kata Haerudin.

Ia berharap, kedepanya Mangrove yang ditanam tetap tumbuh dan lestari di area pantai setempat.  “Semoga dapat terjaganya ekosistem dan mencegah abrasi pantai ” Ujarnya

TAG :

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI LAINNYA