[vd-breadcrumbs]

Kolaborasi DPR dan Media Penting Guna Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

WhatsApp Image 2023-06-09 at 16.49.49
Banner-Panjang

Nasional (LM) : Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Suprihartini mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara DPR RI dengan media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata di suatu daerah. Menurutnya, kolaborasi yang dilakukan DPR, media, dan pemerintah daerah ini bersifat timbal balik dan saling menyokong satu sama lain.

 

“Ada beragam cara kolaborasi itu dapat dilakukan. Misalnya pertama, parlemen sebagaimana kita ketahui, memiliki tugas menampung aspirasi dari masyarakat. Selain bertemu dengan masyarakat, DPR RI pun juga mendapatkan tambahan aspirasi itu dari berita teman-teman media, yang mengabarkan secara riil kondisi di lapangan. Tentu peran media, dalam memberitakan kebutuhan masyarakat untuk mendorong ekonominya sangat krusial disitu,” jelasnya dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan tema ‘Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata’ di Malang, Jawa Timur, Jumat (9/6/2023).

 

Suprihartini juga menjelaskan kolaborasi yang dilakukan juga selaras dengan fungsi parlemen, sebagai pengawas jalannya pemerintahan. Menurutnya, berbagai aspirasi yang ditampung, akan jadi acuan DPR RI, dalam mendorong kerja pemerintah agar lebih baik lagi. Seperti, lebih mampu mendorong sektor UMKM, dan pariwisata lokal. Supaya seluruh sektor itu bergerak bagi kesejahteraan rakyat.

 

“Lewat kerja-kerja pengawasan tersebut, alangkah baiknya publik dapat mengetahui seluas-luasnya kinerja kedewanan itu. Peran media sekali lagi krusial, dalam memberitakan kerja-kerja lembaga parlemen ini, selain diketahui publik juga menjadi pelecut kerja pemerintahan kita,” sambungnya.

 

Lebih lanjut, Ia mengatakan berbagai fungsi DPR RI ini tentu tidak bisa maksimal jika dilakukan sendirian. Oleh karenanya, ia menyebutkan pentingnya fungsi media dalam membantu menjalankan berbagai fungsinya tersebut. “Bahwa rekan-rekan media juga dapat jadi supporting system pula bagi DPR RI, dengan mendorong pemberitaan kinerja kedewanan ke tengah publik,” tutupnya. 

 

Diketahui, acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI ini merupakan kolaborasi antara Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP). Hadir pula dalam kesempatan ini Anggota Komisi IX DPR RI dari Dapil Malang Raya, Kris Dayanti yang menyampaikan keynote speech; Kepala Biro Pemberitaan Parlemen, Indra Pahlevi; Ketua KWP DPR RI, Ariawan; serta dalam sesi diskusi hadir Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto dan Anggota DPRD Kabupaten Malang, Tantri Bararoh.

TAG :

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI LAINNYA

[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]
[ratio-thumbnail size="medium" ratio="8:5"]