El Nino, BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Akan Mengalami Hujan Sedang Pada Bulan Oktober

WhatsApp-Image-2023-07-05-at-15.28.19
Banner-Panjang

Nasional (LM) : Berdasarkan kajian ilmiah, El Nino umumnya berdampak pada berkurangnya curah hujan di Indonesia. Dampak El Nino tergantung pada (a) Intensitas El Nino, (b) Durasi El Nino, (c) Musim yang sedang berlangsung.

Dampak El Nino di Indonesia umumnya terasa kuat pada musim kemarau yaitu pada bulan-bulan Juli – Agustus – September – Oktober. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan pada bulan-bulan tersebut. Terlebih lagi, ada banyak wilayah di Indonesia yang akan memasuki puncak musim kemarau pada bulan-bulan tersebut.

Berdasarkan prediksi curah hujan bulanan BMKG, beberapa wilayah akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0 – 100 mm/bulan), utamanya pada Agustus – September – Oktober, meliputi Sumatera bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku dan Papua bagian selatan.

BMKG berharap informasi terbaru terkait potensi El Nino ini dapat digunakan Pimpinan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan pihak terkait sebagai salah satu panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.

Langkah-langkah antisipasi yaitu:
a. Melakukan langkah antisipatif pada daerah-daerah yang berpotensi mengalami curah hujan dengan kategori rendah yang dapat memicu kekeringan dan dampak lanjutannya.

b. Meningkatkan optimalisasi fungsi infrastruktur sumber daya air untuk memastikan kehandalan operasional waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya untuk pengelolaan curah hujan dan penggunaannya di saat musim kemarau.

c. Melakukan langkah persiapan terhadap potensi adanya kebakaran hutan dan lahan berkaitan dengan curah hujan kategori rendah pada musim kemarau.

Bagi pengguna Informasi Iklim BMKG, stakeholder, dan Mitra Kerja BMKG diharapkan terus melakukan update informasi sesuai dengan analisis dan prediksi iklim terkini. BMKG Kedeputian Klimatologi melakukan pembaruan informasi setiap 10 hari dan setiap bulan.

TAG :

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI LAINNYA